Ducati menaklukkan Gelar Juara Dunia Konstruktor MotoGP ketiganya di Portimo.

Berkat kemenangan sensasional lainnya oleh Pecco Bagnaia di Autodromo Internacional do Algarve di Portimo (Portugal), Ducati mengamankan Kejuaraan Dunia Konstruktor MotoGP untuk kedua kalinya berturut-turut, satu balapan menjelang akhir musim 2021. Ducati memenangkan Gelar Juara Dunia ketiganya di kelas utama di Grand Prix Brembo Algarve, di trek yang sama di mana Ducati juga mengamankan gelar keduanya tahun lalu, 13 tahun setelah gelar pertama.

Selain kesuksesan pebalap Italia Francesco Bagnaia, yang berhasil memimpin balapan dari awal hingga akhir, empat pebalap Ducati lainnya juga turut andil dalam kemenangan Kejuaraan Dunia Konstruktor 2021, termasuk rekan setimnya Jack Miller, yang mampu mengamankan podium ketiga dengan menyalip Alex Márquez beberapa lap sebelum bendera merah mengakhiri balapan dengan sisa dua lap.

Bagnaia, yang berkat kemenangan hari ini, mengamankan posisi kedua di Kejuaraan, menyumbang 142 poin untuk mahkota MotoGP ketiga Ducati, sementara Miller, keempat dalam klasemen keseluruhan, berkontribusi dengan total 63 poin. Pembalap Pramac Racing Team (2021 Best Independent Team) Johann Zarco (Best Independent Rider) dan Jorge Martín masing-masing menyumbang 86 dan 25 poin, sedangkan Enea Bastianini (Avintia Esponsorama Racing) menambah 16 poin di klasemen konstruktor.

Masih ada satu Grand Prix tersisa di kalender MotoGP 2021, Gran Premio de la Comunitat Valenciana, yang dijadwalkan dalam waktu kurang dari tujuh hari dari 12-14 November. Pada kesempatan itu, Tim Ducati Lenovo akan mengincar gelar Juara Dunia Tim karena mereka saat ini memimpin klasemen dengan 28 poin atas tim yang berada di posisi kedua.

---

Francesco Bagnaia (#63 Ducati Lenovo Team)

"Saya sangat senang! Saya sebenarnya lebih menginginkan menyelesaikan balapan di bawah chequered flag dan bukan di bawah red flag, tapi itu masih merupakan kemenangan yang menakjubkan. Itu adalah akhir pekan yang luar biasa, dan saya menikmati setiap sesi. mulai, saya merasa sangat nyaman. Semuanya sempurna, dan saya sangat senang untuk Ducati karena memenangkan gelar Konstruktor. Kami pantas mendapatkannya sekali lagi! Selamat untuk Jack atas tempat ketiganya di podium. Sekarang kita akan pergi ke Valencia di mana kami akan mencoba menyelesaikan musim ini dengan hasil bagus lainnya."


Jack Miller (#43 Tim Lenovo Ducati)

"Senang akhirnya bisa kembali naik podium, meski agak aneh mengakhiri balapan dengan bendera merah. Saya siap untuk pertarungan besar di lap terakhir dengan Alex Márquez, yang sangat dekat. Tapi saya senang: kami telah bekerja dengan baik sepanjang akhir pekan, dan di GP terakhir, kami mampu bersaing di semua sesi, hanya kehilangan hasil pada hari Minggu. Akhirnya, kami dapat memetik manfaat dari kerja keras kami hari ini. Saya senang Ducati memenangkan gelar pabrikan: kami memiliki motor yang fantastis, mungkin yang terkuat di grid! Sekarang kami pergi ke Valencia dan mencoba menutup musim ini dengan cara terbaik".


Claudio Domenicali (CEO Ducati Motor Holding)

“Sepeda motor terbaik di dunia adalah Made in Italy. Ducati adalah Juara Dunia Konstruktor MotoGP untuk tahun kedua berturut-turut. Keberhasilan luar biasa ini membuat kami bangga. Sekali lagi, kerja tim insinyur dan pebalap telah memberikan hasil yang sangat baik. Desmosedici GP telah terbukti sangat kompetitif, membawa podium 5 dari 6 pembalap yang membalap dengan motor Ducati selama Kejuaraan. Pecco Bagnaia, Jack Miller, Jorge Martin, Johann Zarco, Enea Bastianini dan Luca Marini semuanya luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada mereka karena memberi kami musim yang penuh emosi dengan enam kemenangan dan rekor 21 podium, meski masih ada satu balapan tersisa. Kami bertaruh pada talenta muda ini dan energi mereka tanpa kecewa. Terima kasih banyak juga kepada seluruh tim Ducati Corse untuk membawa pulang hasil yang luar biasa ini sekali lagi, bekerja dengan semangat dan tekad yang selalu membedakan setiap anggota keluarga Ducati di trek. Sekarang kami hanya harus menutup musim dengan sebaik-baiknya dengan balapan di Valencia dan kemudian menantikan tahun depan dengan keinginan untuk terus meningkat".


Luigi Dall'Igna (Manajer Umum Ducati Corse)

“Ini benar-benar kepuasan yang luar biasa untuk dapat memenangkan Kejuaraan Dunia Konstruktor lagi tahun ini, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pembalap kami dan semua pria dan wanita dari Ducati Corse yang telah berkontribusi pada kesuksesan luar biasa ini. Kami masih sedikit kecewa dengan gelar pembalap karena itu benar-benar dalam jangkauan kami tahun ini. Sekali lagi hari ini, Pecco mengendarai balapan yang sempurna dan tidak membuat kesalahan sedikit pun sepanjang akhir pekan! Ini adalah musim yang hebat, dan dia adalah pembalap yang hebat . Selamat juga untuk Jack! Kami senang dia akhirnya bisa kembali naik podium setelah menunjukkan dia bisa cepat di Grand Prix terakhir."